Membangun Desain Rumah Mungil Yang Ideal

Membangun Desain Rumah Mungil Yang Ideal

Desain rumah mungil yang bagus dan ideal

“Bagaimanakah sebenarnya desain rumah mungil yang bagus itu? Lantas apakah rumah ukuran mungil selalu bagus?” Pertanyaan semacam itu memang kerap kali muncul ketika seseorang mencoba membangun rumah mungil. Dalam hal ini, perlu digarisbawahi bahwa pada intinya rumah yang didesain mungil lahir dari keterbatasan, baik anggaran pembangunan maupun terbatasnya lahan, di samping pula sarana investasi yang ada. Ditinjau dari masalah ini, tentu harus dilihat pula segi kebutuhannya. Jika desain rumah mungil memang mencukupi untuk kebutuhan saat ini tentu desainnya dipandang sudah bagus. Tetapi, apakah tingkat dan jenis kebutuhannya nantinya memang tidak berkembang? Nah, ketika dipandang dari sudut ini, maka desain rumah mungil yang bagus adalah yang juga dapat dikembangkan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dari penghuninya. Misalnya, dari segi luasan rumah yang semula mungil harus diperluas ukuran ruangannya, selain itu jumlah ruangan yang ada juga bisa ikut berkembang. Kondisi tersebut terjadi karena adanya kemungkinan penambahan penghuni rumah ataupun penambahan fungsi ruang, seperti ruang tidur, ruang kerja, ruang belajar dan lain sebagainya.

desain rumah mungilKebutuhan yang semula belum ada pada rumah mungil harus dipertimbangkan desainnya secara fleksibel, efektif dan efisien sehingga saat mengembangkan desain rumah mungil maka pengembangan desainnya tidak sampai merubah total desain awal. Sebab, apabila pengembangannya sampai merubah total desain awal, maka bisa mengakibatkan bertambahnya anggaran pembangunan rumah tersebut Untuk itu, kunci utamanya adalah pada rencana awal sehingga desain rumah mungil yang dibuat juga mengacu pada kebutuhan awal rumah. Dalam hal ini pihak yang paling mengerti mengenai rencana awal dan juga rencana untuk mengembangkan rumah yang semula mungil tentunya adalah Anda sebagai calon pemilik/penghuni rumah tersebut Jadi saat memilih, membeli atau membangun rumah dengan desain rumah mungil, Andalah yang harus menilai apakah desain rumah mungil itu bagus atau tidak sudah sesuai dengan kebutuhan ataukah belum.

Kriteria desain rumah mungil yang ideal

Seperti apakah desain rumah mungil yang ideal itu? Apakah dari luasnya ataukah dari desainnya? Rumah mungil mungkin lebih sering didefinisikan sebagai rumah yang didesain dalam luasan kecil. Kata kunci “mungil” di sini bukan berarti semakin mungil adalah semakin baik. Sebab desain rumah mungil lahir karena keterbatasan dana pembangunan/pembelian dan terbatasnya lahan. Idealnya sebuah rumah memang tidak didesain semakin mungil lantaran kebutuhan penghuninya juga akan semakin berkembang, sehingga bagi sebagian kalangan rumah semakin mungil mungkin akan semakin melahirkan keterpaksaan​. Karena itulah desain rumah mungil bukan berarti akan memiliki ruangan serba ukuran mungil yang tentu akan sangat mengurangi kenyamanan penghuni dalam beraktivitas di dalamnya Dengan membuat desain rumah secara tepat, maka semungilnya sebuah rumah tetap bisa mewadahi kebutuhan minimal penghuninya.

denah rumah mungil

Jika kembali ke pertanyaan awal di atas, tentu saja hampir tidak mungkin sebuah rumah ukuran mungil itu ideal, mengingat kebutuhan akan luasan rumah tidak bisa mengambil seminimal mungkin untuk ukuran ideal. Jika kembali ke pertanyaan awal di atas, tentu saja hampir tidak mungkin sebuah rumah ukuran mungil itu ideal, mengingat kebutuhan akan luasan rumah tidak bisa mengambil seminimal mungkin untuk ukuran ideal. Jika yang dimaksud dengan ideal adalah bisa memenuhi kebutuhan saat ini, baik ukuran, ruangan yang dibutuhkan dan juga ketersediaan dana untuk pembangunan ataupun pembelian rumah, maka itu jelas belum mencakup banyak aspek. Seharusnya yang juga ikut dipertimbangkan dalam pembuatan desain untuk rumah mungil adalah rencana kebutuhan penghuninya baik saat ini maupun yang akan datang. Jadi, desain rumah mungil yang ideal adalah yang mampu memenuhi kebutuhan yang fleksibel tersebut.

Konsep “ideal” dari desain rumah mungil

“Apakah rumah mungil kecil itu ideal?” Untuk menjawab pertanyaan ini, jika diibaratkan label rumah mungil kecil itu menunjukkan ukuran tipe atau luasan rumah, maka mungil kecil tentu saja tidak ideal. Setidaknya menurut pengalaman kami, sebuah keluarga idealnya memiliki luas rumah 200 m2 dengan jenis dan jumlah ruangan lengkap. Namun, jika dilihat bahwa rumah mungil kecil itu untuk memenuhi kebutuhan ruangan saat ini dan bahkan bersifat sementara, maka rumah mungil kecil itu ideal dengan keadaan yang ada pada saat itu, dan memang seperti itulah seharusnya. Dalam menyikapi kebutuhan mendesak akan rumah hunian, ditambah sulit dan terbatasnya lahan dan anggaran pembangunan rumah, maka solusi rumah mungil kecil adalah tepat dan sangat ideal.

Namun, rumah mungil kecil ini juga memiliki catatan, yaitu harus didesain sedemikian rupa sehingga kebutuhan ruangan rumah saat ini bisa terpenuhi, dan di samping itu juga bisa menyikapi perencanaan akan pengembangan rumah di masa datang. Rumah mungil kecil yang didesain dengan cermat sebagai rencana antisipasi masa datang merupakan rumah ideal yang akan mewujudkan mimpi hunian dari penghuninya.

HOW TO GET IN TOUCH

CONTACT US


Segera konsultasikan dengan kami untuk planning hingga pembangunan desain yang anda inginkan

Hours:

Mon-Fri 5am - 11pm
Sat-Sun 3am - 8am

Phone:

0811166641

Address:

Jalan Raya Pasar Jumat No. 41D

Lebakbulus, Jakarta Selatan 12310, Indonesia

SEND EMAIL