Memiliki bangunan rumah yang bagus tentunya merupakan hasil final yang diinginkan semua pemilik rumah. Namun terkadang, seiring berjalannya waktu, rumah juga dapat mengalami penuaan. Salah satu cirinya adalah timbulnya celah dan retak di beberapa bagian. Celah tersebut harus segera diperbaiki agar tidak merembet. Selain itu retak yang berlebihan dan dibiarkan agar menyebabkan kegagalan struktural yang fatal. Retak tidak hanya melemahkan bangunan tapi merusak keindahan dinding juga. Bahan bangunan yang kualitasnya buruk juga menjadi salah satu timbulnya retak, terlebih jika rumah yang terdapat retak adalah rumah baru.

Untuk Mencegah Keretakan Pada Bangunan Rumah Di Masa Yang Akan Datang, Konsultasikan Bersama Arsitek Kami Yang Sudah Berpengalaman

bangunan rumah retak

Plester pada dinding maupun lantai juga dapat memiliki celah. Hal ini terjadi karena pengerjaan yang tidak rapi. Bagian yang memiliki rongga biasanya menimbulkan suara ketika diketuk. Jangan biarkan hal ini terjadi berlarut-larut. Segera perbaiki sebelum dinding atau lantai Anda rusak. Caranya adalah Anda harus mengangkat plester dengan benar. Plester rusak harus dilepas dan ujungnya harus dipotong sedikit dalam bentuk persegi atau persegi panjang untuk memberikan sambungan yang rapi. Kemudian bersihkan permukaan dengan sikat kawat dan cuci. Basahi permukaan 24 jam sebelum aplikasi semen perekat. Setelahnya, oleskan perekat semen menutupi seluruh permukaannya. Pastikan kali ini dikerjakan dengan rapi. Bagian yang rusak harus diisi dengan adukan semen. Jaga kebersihan permukaan setidaknya selama 3 hari. Saat permukaan kering, selesaikan semua proses selanutnya. Jika bagian yang retak tidak menimbulkan rongga maka cara pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian yang retak dari semua bahan yang kendur dan isi dengan perekat di bagian yang retak.

baca lainnya:  Konstruksi Baja WF Bentang 30 Meter, Kerangka Bangunan Pabrik

Masalah lainnya yang bisa timbul adalah keretakan di permukaan RCC. Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan membersihkan bagian yang retak dari semua bahan yang mulai terkelupas. Isi bagian yang retak. Bahan isian untuk dipasang bisa berupa epoksi atau semen (dengan campuran yang sesuai). Epoxy memiliki kekuatan dan adhesi lebih dari semen dan bisa mengurangikeretakan. Jika Anda bukan seorang yang cukup ahli dalam hal bangunan rumah semacam ini, Anda dapat menggunakan jasa tukang yang tentunya lebih berpengalaman.