Dapur menjadi bagian rumah yang digunakan oleh penghuninya sebagai ruangan untuk memasak. Pemilik rumah bisaanya membuat dapur dengan penampilan yang sesuai dengan selera. Pembuatan dapur dapat dilakukan berdasarkan dengan luas lahan yang ada dan fungsi dari dapur itu sendiri. Jika pemilik ingin menghadirkan dapur dengan konsep yang sederhana, mereka dapat membuat dapur tanpa menggunakan kabinet. Dapur sederhana tanpa kabinet nyatanya dapat memberikan rasa nyaman kepada pengguna. Selain nyaman, dapur yang dibuat tanpa menggunakan kabinet ini juga dapat membuat dapur terlihat lebih lapang. Ada banyak model dapur sederhana yang dapat kita buat tanpa menggunakan kabinet.

Konsep Dapur Tanpa Kabinet Untuk Rumah Kecil

dapur tanpa kabinet

Untuk mengetahui lebih jelas akan model-model dapur tersebut, simak ulasannya di bawah ini:

  • Dapur dengan rak gantung

Meskipun memiliki lahan yang sempit, kita dapat menciptakan dapur yang terlihat modern. Kita dapat menyatukan area cuci piring dan dapur pada satu meja. Kita juga dapat memasang rel dan pengait guna menggantungkan perlengkapan memasak yang sering digunakan, seperti spatula, talenan dan sendok. Peralatan makan dapat disimpan di rak gantung. Karena merupakan ruangan yang terbatas, dapur sederhana tanpa kabinet ini sebaiknya dilengkapi dengan perabotan dibutuhkan saja. Peralatan elektronik dapat kita simpan di lemari berukuran kecil.

  • Dapur rustic dengan penampilan yang cantik

Dapur sederhana tanpa kabinet dapat kita ciptakan melalui dapur rustic. Dapur berpenampilan yang cantik ini memanfaatkan beberapa elemen yang dibuat dari bahan-bahan alami. Di dapur ini, kita dapat menemukan bunga kering sebagai dekorasi, meja kayu, kursi yang terbuat dari rotan dan rak kayu. Guna menampilkan kesan bersih, dapur bisaanya didominasi dengan warna putih. Warna putih tidak hanya terlihat pada dinding melainkan juga pada peralatan dapur yang digunakan.

Agar penampilan dapur rustic ini terlihat lebih cantik, kita dapat menggunakan peralatan dapur dengan bentuk yang cantik. Letakkan beberapa perlengkapan dapur di atas meja. Guna memberikan kesan manis pada ruangan, kita dapat menutup bagian bawah meja dengan menggunakan kain motif kotak-kotak.

  • Dapur bergaya retro
baca lainnya:  Arsitek Rumah Terbaik Di Jakarta Untuk Renovasi Dan Bangun Baru

Dapur retro identik dengan penggunaan warna putih dan biru. Meskipun sederhana, dapur dengan gaya retro sangat indah untuk dipandang. Kita dapat menggunakan warna putih pada bagian dinding, perabotan dapur dan kompor. Untuk mempercantik penampilan dapur tanpa menggunakan kabinet ini, kita dapat menggunakan kain berwarna biru pada bagian bawah meja.

Hubungi Hotline Kami Untuk Info Renovasi Dapur Anda

dapur tanpa kabinet

Tempat cuci piring dan kompor dapat kita letakkan pada bagian kiri meja. Cara ini membuat Anda memiliki ruang yang lebih luas untuk menempatkan perabotan lainnya di atas meja. Guna menyimpan perlengkapan memasak, kita dapat memasang 2 buah ambalan berwarna putih. Jangan lupa memasang pengait yang dapat kita gunakan untuk menggantung gelas atau cangkir.

Dapur sederhana tanpa kabinet juga dapat diciptakan melalui dapur dengan rak dibagian sudut. Penempatan rak di bagian sudut dapat membuat penghuni dapur merasa nyaman. Rak dapat dibuat dengan cara menyiku dengan menggunakan bahan semen. Pada salah satu sisi rak, kita dapat memanfaatkannya sebagai arena meletakkan kompor dan bak cuci. Bagian bawah rak dapat kita gunakan untuk mamasang kaki yang terbuat dari bahan kayu. Guna memberikan kenyamanan, rak sudut sebaiknya dibuat dengan ukuran yang besar. Dapur dengan meja bentuk U menjadi dapur sederhana tanpa kabinet lainnya yang dapat kita terapkan di rumah. Dapur yang terasa nyaman ini sangat tepat diterapkan pada ruang berukuran kecil. Agar nampak futuristik, pada bagian meja dapur sebaiknya dibuat dengan bentuk melengkung. Gunakan warna alami pada area dapur sehingga tampilan dapur nampak lebih segar.

Dapur yang sederhana dapat dibuat dengan gaya farmhouse. Tema farmhouse sendiri sangat tepat digunakan pada dapur sederhana. Untuk menciptakan dapur bertema farmhouse, kita dapat memanfaatkan ruang yang dekat dengan pintu belakang. Kompor yang digunakan untuk mamasak dapat ditempatkan secara bersisian. Pasang rak pada bagian atas kompor yang nantinya dapat kita manfaatkan untuk menyimpan cangkir dan bumbu. Bagian bawah meja yang tidak futuristik dapat kita tutup dengan menggunakan kain berenda.