Kelebihan barang-barang di rumah tentu bisa sangat merepotkan, terutama bagi anda yang memiliki rumah dengan ukuran minimalis yang tidak begitu luas. Seringkali semakin lamanya kita menempati rumah, barang-barang juga akan semakin menumpuk. Kalau sudah begini, terpaksa gudang menampung lebih banyak barang lagi. Jika rumah Anda tidak memiliki gudang yang proper di dalam rumah, maka Anda dapat membuat gudang terpisah. Gambar gudang baja sering dicari oleh para pengguna internet sebagai inspirasi desain gudang. Gambar gudang baja selalu menampilkan sisi kokoh dan megah yang dapat menyimpan barang dengan aman.

gambar gudang baja

Namun, tidak hanya gambar gudang baja yang akan dibahas di artikel ini, melainkan beberapa inspirasi gambar gudang bagi Anda yang sedang mencari referensi.

  1. Gudang Baja

Gambar gudang baja dapat dijadikan insiprasi desain gudang bila Anda menginginkan desain gudang yang kokoh dan tahan angin. Gudang jenis ini cocok dijadikan gudang yang didirikan terpisah dari rumah karena memberi jaminan bangunan yang kuat dan kokoh. Semakin besar gudang baja, akan semakin kokoh bangunan gudang tersebut. Barang-barang yang dapat disimpan pun akan muat lebih banyak.

gambar gudang baja

Kebanyakan baja dalam gudang ini digunakan sebagai kerangka, dimana untuk temboknya nanti dapat diganti dengan beton/batu bata, batako atau bahkan plafon. Namun akan lebih bagus lagi jika dinding gudang menggunakan baja secara keseluruhan, gambar gudang baja akan semakin menampilkan sisi kokoh dan dapat memuat banyak barang.

gambar gudang baja

  1. Gudang Tersembunyi

Dikatakan tersembunyi karena desain pintu gudang disamakan dengan dinding di sekitarnya. Kelebihan dari gudang ini adalah Anda tidak perlu keluar rumah untukmenyimpan barang-barang Anda karena  gudang ini tersembunyi di balik tembok rumah Anda. Anda bahkan dapat menempatkannya di dalam kamar pribadi Anda untuk menyimpan keperluan pribadi Anda.

gudang tersembunyi

Selain mudah, kelebihan dari gudang tersembunyi adalah tidak tidak perlu memperlihatkan sisi berantakan dari rumah Anda.

  1. Gudang Bawah Tangga

Bawah tangga adalah salah satu sisi rumah yang paling banyak tidak dimanfaatkan. Padahal, jika Anda mau melihat sedikit celah, ruangan kosong bawah tangga justru dapat Anda jadikan ruang penyimpanan yang efektif. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi keluar rumah untuk mencapai gudang.

baca lainnya:  Jasa Desain Interior Bandung

gambar gudang baja

Cukup dengan menutup ruang kosong bawah tangga dengan pintu diberi dinding tembok dan pintu, Anda sudah dapat menempatkan barang-barang tua Anda tanpa harus kelihatan berantakan.

  1. Gudang Kayu Luar Rumah

Gudang jenis merupakan salah satu jenis gudang yang paling banyak diterapkan hampir di seluruh negara. Pasalnya, dinding kayu cenderung lebih mudah dibandingkan dinding beton, terutama hanya sekedar untuk menyimpan barang-barang yang sudah jarang dipakai.

gudang kayu luar rumah

Gudang kayu dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama apabila permukaan kayu dicat dan diplitur sehingga mencegah kayu dari keropos dan rayap. Gudang kayu bisa ditempatkan di belakang rumah dekat dengan pintu belakang, sehingga mempermudah pemilik rumah ketika hendak menyimpan dan mengambil barang.

  1. Gudang Bawah Tanah

Ruangan penyimpanan lain yang paling banyak digunakan selain gudang kayu adalah gudang yang terletak di bawah tanah. Penempatan gudang di bawah tanah adalah ide yang sangat cemerlang, pasalnya, penampakan ruangan yang berantakan tidak akan tampak di area rumah. Sayangnya, gudang bawah tanah hanya dapat bersamaan dengan proses pembuatan rumah sejak awal. Jadi, jika Anda menginginkan gudang bawah tanah sedangkan rumah Anda sudah berdiri kokoh, maka tidak akan bisa.

gudang bawah tanah

Itulah beberapa inspirasi gudang rumahan untuk Anda yang sedang mencari inspirasi gudang penyimpanan.  Mulai dari gambar gudang baja sampai gudang bawah tanah masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk itu, pemilihan gudang sebaiknya disesuaikan dengan struktur rumah dan kebutuhan penyimpanan Anda.

gambar gudang baja

Perawatan Gudang

Agar tidak dijadikan sarang bianatang-binatang kotor seperti tikus, kecoa, ular, rayap, semut dan serangga-serangga, Anda perlu melakukan perawatan gudang rutin minimal 6 bulan sekali dengan cara membersihkan gudang dan memilah-milah barang gudang untuk dijual di pasar barang bekas. Dengan begitu, beban barang yang tidak terpakai dapat berkurang dan space gudang dapat tertata lagi.